Jumat, 14 November 2014

Implementasi Kebutuhan Server

Implementasi Kebutuhan Server

A.    Implementasi

Tahap implementasi program merupakan suatu tahap penerapan dari analisis dan desain sistem yang telah dibuat. Berikut ini adalah kebutuhan sistem yang terdiri dari kebutuhan perangkat keras dan kebutuhan perangkat lunak yang harus dipenuhi sehingga aplikasi dapat berjalan dengan baik.


B.   Kebutuhan Pengembang Sistem

            Pada tahap impelementasi system, hal – hal yang dibutuhkan dalam impelementasi system aplikasi Call Center berbasis web terdiri atas kebutuhan piranti lunak (software), kebutuhan perangkat keras (hardware) dan kebutuhan akan jaringan (networking).
            Dalam pemilihan spesifikasi perangkat keras, piranti lunak dan jaringan penulis melakukan koordinasi dengan pihak – pihat yang terkait dari PT Perdana Citra Komputer yaitu kepela IT, System Engineer dan Network Engineer.


C.   Kebutuhan Perangkat Keras

Kebutuhan   perangkat   keras   atau   hardware   merupakan kebutuhan komputer atau peralatan pendukung agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Spesifikasi hardware yang dibutuhkan antara lain :



1.     Spesifikasi Perangkat Keras Untuk Server

Perangkat keras server merupakan komponen yang sangat penting dalam pengembang server. Karena server bertugas untuk melayani kebutuhan – kebutuhan client.
Saya memilih server dengan merek HP di karenakan merek ini berkuliatas tinggi dan bagus. Berikut ini spesifikasi HP tipe proliant ml350 g8 :


·        Intel® Xeon® E5-2609 v2 (4 core, 2.5 GHz, 10MB, 80W)
·        4GB (1x4GB)
·        1 TB Hard Drive
·         Keyboard
·         Mouse
·         Drive CD ROM/DVD
·         Monitor
·         Monitor display eksternal > 21’  
·         Speaker


2.      Spesifikasi Perangkat Keras Untuk Client

Perangkat keras client merupakan perangkat keras yang akan digunakan untuk pengguna untuk menjalankan bisnis PT Perdana Citra Komputer. Untuk perangkat keras client saya juga memilih merek HP karena akan memudahkan pemiliharaan perangkat keras server maupun client yang hannya berhubungan ddengan satu vendor.
Berikut adalah spesifikasi perangkat keras client merek HP bertipe ProLiant MicroServer Gen8 G2020T 1P 2GB-U B120i :

·         Intel® Pentium® G2020T (2 core, 2.5 GHz, 3MB, 35W)
·         2GB (1x2GB) UDIMM
·         Harddisk minimal 40 GB
·         500 GB Hard Drive
·         Keyboard
·         Mouse
·         Drive CD ROM/DVD
·         Monitor



D.   Kebutuhan Piranti Lunak/Software Untuk Server dan Client

Perangkat lunak merupakan program komputer yang diperlukan untuk mengoperasikan perangkat keras untuk kebutuhan menjalankan aplikasi. Pada saat pembuatan aplikasi, perangkat lunak yag digunakan antara lain :


1.      Piranti Lunak/Sofware Untuk Server
Piranti lunak merupakan aplikasi yang dibutuhkan agar system yang digunakan pada server dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah software untuk server :

·         Sistem Operasi Windows Server 2008
·         Microsoft SQL Server 2007
·         Microsoft office 2007
·         Adobe Reader
·         Avast file server Anti Virus
·         Microsoft Exchange 2007



2.      Piranti Lunak/Software Untuk Client

Piranti lunak merupakan aplikasi yang dibutuhkan agar client dapat menggunakan pelayanan dari server dengan baik. Berikut adalah software dari client :

·         Sistem Operasi Window 7 Profesional
·         Google Chrome
·         Avast Anti Virus
·         Winzip atau WinRar
·         Microsoft Office 2007
·         Adobe Reader




E.    Spesifikasi Jaringan/Network

Setelah pemilihan spesifikasi perangkat keras dan piranti lunak, penulis selanjutnya merancang spesifikasi jaringan yang akan digunakan untuk sistemaplikasi Call Center berbasis web yang baru.

Penulis melakukan koordinasi dengan PT Perdana Citra Komputer dalam melakukan pemilihan spesifikasi jaringan. Penulis banyak dibantu oleh Network Engineer dalam mendesain topologi jaringan, melakukan pemasangan kabel, dan melakukan konfigurasi jaringan terhadap komputer client dan server.

Dalam teknologi sistem berbasis web, penulis dan Network Engineer PT Perdana Citra Komputer menyadari bahwa kebutuhan akan jaringan merupakan komponen yang sangat vital. Kebutuhan teknologi sistem berbasis web terhadap jaringan yang handal, cepat dan stabil sangat penting. Kualitas jaringan akan sangat berpengaruh terhadap performa sistem berbasis web. Jika jaringan putus atau tidak stabil, maka koneksi client dengan server akan terputus sehingga menyebabkan transmisi data dari client ke server dan sebaliknya akan terganggu.

Penulis dan Network Engineer PT Royal Engineering merancang spesifikasi jaringan yang menghubungkan divisi operator, divisi coordinator technical support, dan divisi maintenance contract melalui sebuah switch dan diteruskan melewati router menuju server dimana sistem aplikasi Call Center berbasis web disimpan. Pada gambar dibawah ini dapat terlihat :

a)      Divisi Operator yang mempunyai 3 buah komputer dan 1 buah printer.
b)      Divisi CoordinatorTechnicalSupport mempunyai 3 buah komputer dan 1 buah printer.
c)      Divisi Maintenance Contract mempunyai 3 buah komputer dan 1 buah printer.


Didalam jaringan ini, Network Engineering dari PT. Royal Engineering melakukan batasan-batasan koneksi antar jaringan yaitu printer di setiap divisi  tidak bisa diakses oleh divisi lain, dikarenakan setiap divisi sudah mempunyaiprinter.


0 komentar:

Posting Komentar